Hoby Memotret Tolong baca artikel ini







Apa sajakah peluang dalam bisnis fotografi? Berikut beberapa peluang yang dapat diambil di bisnis fotografi:

Foto Komersial

Model ini adalah model paling konvensional. Anda memotret kemudian dibayar. Dulu kita mengenal istilah 'fotografer keliling'. Konsep fotografer komersial tidak jauh beda dengan fotografer keliling. Anda menawarkan jasa anda dan klien membayar. Jasa yang diberikan bisa foto portrait perorangan atau keluarga, foto pernikahan, foto produk yang besaran klien dan pendapat bisa ditentukan sendiri.

Foto Stock

Anda pernah memotret 'iseng', semua Anda potret? Ke manakah hasil foto tersebut? Apakah hanya disimpan saja? Tahukah bahwa foto yang dihasilkan itu bisa menghasilkan uang? Adalahstock foto agency yang bisa menampung kemudian menjual foto-foto tersebut. Anda bisa memotret pemandangan, atau konsep-konsep foto untuk naskah presentasi seperti orang berjabatan, dan sebagainya. Ada ratusan stock foto agency di internet.

Buku foto

Anda bisa membuat buku fotografi. Buku tersebut bisa tutorial fotografi, bisa juga perjalanan ke suatu tempat, atau bisa juga kumpulan portfolio. Dalam hal ini Anda bisa mencari penerbit. Bisa dimulai dengan mengirimkan naskah ke penerbit yang dituju. Bisa juga mencetak dan menerbitkannya sendiri. Atau membagikannya secara gratis di internet dalam bentuk majalah/buku elektronik

Pameran foto

Anda bisa memulai pameran Anda dengan menentukan konsep pameran. Misalnya konsep 'lompat'. Anda bisa memotret para selebriti sedang melompat. Kemudian mencetak dan memamerkannya. Anda bisa menyewa galeri atau tempat lain unutk memajang karya terssbut, sehingga orang lain melihat dan tertarik untuk membelinya.

Kelas foto

Saat ini banyak fotografer menawarkan kelas atau kursus singkat, ada juga kursus dengan sertifikat. Pada tahap ini Anda pasti bukan fotografer sembarangan, karena sudah bisa membagikan ilmu kepada orang lain, dan lebih lanjut bisa mempertanggung jawabkan ilmu tersebut. Kelas foto bisa dimulai dengan membuat sebuah komunitas belajar foto bersama.

Foto hunting

Banyak para fotografer pemula menyukai acara ini 'foto hunting'. Dalam foto hunting Anda bertugas sebagai event coordinator. Bisa dimulai dengan penentuan konsep, biasanya foto hunting dengan konsep 'sexy' banyak sekali peminatnya. Anda bisa memungut biaya pendaftaran dari para peserta.

Untuk melakukan bisnis fotografi seperti tersebut di atas, perlengkapan yang dimiliki tidak harus mahal. Anda bisa berkreasi dengan peralatan murah dan sederhana. Contohnya dengan menggunakan styrofoam sebagai reflector atau lampu halogen sebagai continues light.





Artikel ini merupakan bagian pertama dari empat tulisan kiat fotografi digital hasil kerja sama Kompas.com dengan Elex Media Komputindo. Artikel ini disarikan dari buku "Simply Photography-Indoor Portrait Series" yang ditulis Hermawan Wicaksono
Read more

0 komentar :

Post a Comment

Sahabat terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga bisa memperkuat tali persahabatan online/offline kita...!