Home » » Jeruk Nipis Dan manfaatnya

Jeruk Nipis Dan manfaatnya

Manfaat jeruk nipis – Siapa sih yang tidak kenal sama jeruk nipis? Pada umumnya jeruk ini dugunakan sebagai campuran minuman. Perasan dari jeruk ini mempunyai segudang manfaat bagi tubuh kita. Yaitu untuk kesehatan kita selain itu jeruk tersebut juga dipercaya bermanfaat untuk kecantikan. 

Selain buah, akar, daun, dan bunga jeruk nipis sering digunakan sebagai obat. Menurut dr Prapti Utami, buah jeruk nipis mengandung beberapa zat yang bermanfaat bagi tubuh, antara lain, asam sitrun, glukosa, lemak, minyak atsiri, vitamin C, kalsium, fosfor, belerang, dan asam amino. “Banyaknya kandungan yang terdapat pada jeruk nipis membuat buah ini banyak digunakan sebagai obat,”

Karena berbagai kandungnan minyak dan zat yang ada di dalamnya, jeruk nipis juga dimanfaatkan untuk mengatasi disentri, sembelit, ambeien, haid tak teratur, difteri, jerawat, kepala pusing atau vertigo, suara serak, batuk, bau badan, menambah nafsu makan, mencegah rambut rontok, ketombe, flu, demam, terlalu gemuk, amandel, penyakit anyang-anyangan (kencing terasa sakit), mimisan, dan radang hidung.

Jeruk nipis mengandung minyak terbang limonene dan linalool, juga flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Kandungan buahnya yang masak adalah synephrine dan N-methyltyramine, selain asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C. Asam sitratnya mampu mencegah kekambuhan pada pasien pasca operasi batu ginjal.


Kesehatan :
- Obat batuk
- Menurunkan panas
- Sebagai obat batuk tradisional
- Amandel
- Anyang-anyangan
- Ambeien
- Batuk Disertai Influenza
- Tekanan Darah Tinggi
- Batu Ginjal
- Difteri
- Demam atau Flu
- Haid Tidak Teratur
- Vertigo
- Radang Tenggorokan
- Kurap atau Panu
- Demam/Panas Saat Malaria
- Pegal Linu
- Sakit Gigi
- Menambah Stamina

Kecantikan :
- Mengecilkan dan merapatkan pori-pori
- Menghaluskan dan mencerahkan kulit
- Kuku bersih dan cemerlang
- Menghilangkan ketombe
- Relaksasi
- Menghilangkan bau keringat
- Menghilangkan mulas-mulas pada waktu datang bulan
- Melangsingkan Badan

Baca juga 26 manfaat Jeruk Nipis

Thanks for reading & sharing viraldaily

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Like on Facebook

Dapatkan Uang Gratis bersama saya disini atau free dollar