Satelit Gagal Orbit

Satelit Glonass
 Rusia gagal mengirimkan tiga satelit navigasi Glonass ke orbitnya setelah meluncurkannya dari pusat peluncuran Baikonur, Kazakhstan. Hal tersebut disampaikan pejabat resmi Rusia kepada pihak media lokal Senin (6/12/2010).

"Ahli balistik telah memeriksa semuanya. Bagian atas roket yang membawa satelit tidak berada pada orbit utama, orbit antara, ataupun orbit darurat," kata salah seorang sumber pada kantor berita RIA Novosti.

Lebih lanjut, sumber itu mengatakan, "Perhitungan kami menunjukkan bahwa bagian atas roket bersama satelitnya jatuh di wilayah Samudra Pasifik, dekat Hawaii." Letaknya lebih kurang 1.500 kilometer dari Honolulu.

Sistem Glonass didesain Pemerintah Rusia untuk menandingi sistem navigasi global positioning system (GPS) milik Pemerintah AS. Kegagalan ini menjadi pukulan telak bagi keinginan tersebut.

Salah satu sumber yang pernyatannya dikutip oleh Interfax mengatakan, "Roket yang meluncur pada pukul 13.25 waktu setempat itu sejak awal mengambil jalur yang salah. Konsekuensinya, roket tak bisa masuk ke orbit target."

Meski demikian, kegagalan ini tak akan memengaruhi penggunaan sistem positioning yang baru nanti. Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin mengatakan, "Ada 26 satelit Glonass, termasuk dua satelit gawat darurat. Ini memungkinkan untuk meng-cover seluruh wilayah federasi Rusia."
Read more

0 komentar :

Post a Comment

Sahabat terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga bisa memperkuat tali persahabatan online/offline kita...!