Divisi sepeda motor BMW (BMW Motorrad) memperkenalkan dua model baru,
yakni F700GS 2013 menggantikan F650GS dan satu lagi F800GS 2013. Untuk
F700 tidak bisa dibilang sama sekali baru karena mesinnya Twin Paralel
berkapasitas 798 cc merupakan versi lama. Jantung pacu ini juga menempel
pada kerangka F800GS dan keduanya bergenre adventure.
F700 GS memiliki fitur rem baru, performa mesin ditingkatkan, instrumen direvisi, danbodywork baru. Tapi, perbedaan terbesar dengan F800GS tampak pada suspensi, roda, dan bodywork.
Tampilan F800 sedikit lebih kasar karena mungkin ditargetkan untuk menaklukkan medan off-road dengan pengendara yang tinggi jam terbangnya. Sedang F700 GS lebih diarahkan buat pengendara masih pemula. Makanya, desain jok, terutama ketinggiannya lebih rendah ketimbang F800GS.
Perbedaan lainnya, terutama pada sistem suspensi. Bagian depan 800 memakai garpu terbalik 43 mm dengan ayunan 9,0 inci, sedang belakang shock yang memiliki kelenturan 8,5 inci. Kedua roda terpasang pelek jari-jari ukuran 17/21 inci. Untuk 700 yang memakai pelek aluminium ukuran 17/19 inci, garpu depannya model standar (biasa) ukuran 41 mm dengan ayunan 7,1 inci dan belakang shock dengan jarak main 6,9 inci.
Asyiknya, shock pada kedua motor bisa disetel melalui tombol kontrol terletak di setang. Hanya, desain jok 700 lebih rendah dan roda depan lebih kecil. Trus, untuk yang 800, jika pengendaranya kecil, motor bisa disesuaikan dengan menurunkan suspensi.
Melirik fitur keselamatan, kedua model dilengkapi rem ABS yang lebih ringan dan sebagai perlengkapan standar. Ketika melewati jalan tanah atau berdebu, ABS dimatikan dan kembali ke konvensional menggunakan cakram ganda di depan dengan dual piston kaliper Brembo, sedang belakang piston tunggal. Jika merasa kurang aman, pemilik bisa menambah Automatic Stability Control (ASC) berfungsi semacam mengontrol traksi dan Electronic Suspension Adjustment (ESA) yang sebelumnya hanya tersedia pada model moge 1200.
Paket lain yang disediakan BMW, untuk 700 ada kontrol tekanan angin ban (RDC), komputer on-board, grip pemanas, bar, boks, skidplates, tameng pelindung tangan, dan lampu tambahan.
Urusan mesin, keduanya sama-sama dibekali 798 cc Twin empat-katup berpendingin cairan. Bedanya, pada tenaga. 700 mempunyai tenaga maksimum 75PS pada 7.300 rpm, meningkat 4PS dari F650GS. Sedang 800 sedikit lebih besar, yakni 85PS pada 7.500 rpm
F700 GS memiliki fitur rem baru, performa mesin ditingkatkan, instrumen direvisi, danbodywork baru. Tapi, perbedaan terbesar dengan F800GS tampak pada suspensi, roda, dan bodywork.
Tampilan F800 sedikit lebih kasar karena mungkin ditargetkan untuk menaklukkan medan off-road dengan pengendara yang tinggi jam terbangnya. Sedang F700 GS lebih diarahkan buat pengendara masih pemula. Makanya, desain jok, terutama ketinggiannya lebih rendah ketimbang F800GS.
Perbedaan lainnya, terutama pada sistem suspensi. Bagian depan 800 memakai garpu terbalik 43 mm dengan ayunan 9,0 inci, sedang belakang shock yang memiliki kelenturan 8,5 inci. Kedua roda terpasang pelek jari-jari ukuran 17/21 inci. Untuk 700 yang memakai pelek aluminium ukuran 17/19 inci, garpu depannya model standar (biasa) ukuran 41 mm dengan ayunan 7,1 inci dan belakang shock dengan jarak main 6,9 inci.
Asyiknya, shock pada kedua motor bisa disetel melalui tombol kontrol terletak di setang. Hanya, desain jok 700 lebih rendah dan roda depan lebih kecil. Trus, untuk yang 800, jika pengendaranya kecil, motor bisa disesuaikan dengan menurunkan suspensi.
Melirik fitur keselamatan, kedua model dilengkapi rem ABS yang lebih ringan dan sebagai perlengkapan standar. Ketika melewati jalan tanah atau berdebu, ABS dimatikan dan kembali ke konvensional menggunakan cakram ganda di depan dengan dual piston kaliper Brembo, sedang belakang piston tunggal. Jika merasa kurang aman, pemilik bisa menambah Automatic Stability Control (ASC) berfungsi semacam mengontrol traksi dan Electronic Suspension Adjustment (ESA) yang sebelumnya hanya tersedia pada model moge 1200.
Paket lain yang disediakan BMW, untuk 700 ada kontrol tekanan angin ban (RDC), komputer on-board, grip pemanas, bar, boks, skidplates, tameng pelindung tangan, dan lampu tambahan.
Urusan mesin, keduanya sama-sama dibekali 798 cc Twin empat-katup berpendingin cairan. Bedanya, pada tenaga. 700 mempunyai tenaga maksimum 75PS pada 7.300 rpm, meningkat 4PS dari F650GS. Sedang 800 sedikit lebih besar, yakni 85PS pada 7.500 rpm
Thanks for reading & sharing viraldaily
0 komentar:
Post a Comment