Ada apa Dibalik Putus CInta

 
Kata orang obat patah hati itu cinta yang baru. Well... it is!!
Pernah mengalami putus cinta? gimana rasanya? enak? pengen lagi? pastinya nggak... rasanya pasti nggak enak. Orang yang kita sayang, jadi bagian hari-hari kita tiba-tiba jadi "orang lain". Perasaan bahwa kita belong to somebody tiba-tiba tergantikan dengan perasaan takut karena harus menghadapi semua sendiri.

Masa-masa awal putus biasanya terasa sangat berat, bahkan mungkin kita mengalami simptom-simptom depresi ringan. Tiap bangun tidur inget mantan kita, lalu jadi sedih banget. Kita jadi sulit untuk menjalani rutinitas yang biasanya dengan mudah kita selesaikan. Belum lagi bagi yang pacarannya sudah serius, orientasi masa depan bisa saja jadi rusak semua karena berakhirnya hubungan kita. Seperti masalah lainnya, kalau kita tidak dapat melewatinya dengan baik, akan berakibat pada kehidupan kita selanjutnya.
Jadi apa yang harus kita lakukan?


Kata orang obat patah hati itu cinta yang baru. Well... it does!! hehe... cara paling cepat untuk menyembuhkan patah hati adalah bertemu orang baru yang bisa memenuhi kebutuhan yang tadinya dipenuhi oleh mantan kita. Cara ini hampir seperti morphin yang tiba-tiba menghilangkan rasa sakit. 

Namun perlu diingat cara ini cuma boleh dilakukan kalau keadaan memungkinkan. Jangan memaksakan diri untuk dekat dengan seseorang yang sudah bahagia dengan pasangannya atau seseorang yang sebenarnya tidak menarik untuk kamu. Walaupun kamu sedang sakit hati, perlu terus diingat bahwa orang lain manusia dan punya hati yang bisa patah juga. :)

Tentu saja cara yang instan pasti ada efek sampingnya. sakit hati yang kamu rasakan tidak akan hilang begitu saja hanya karena kamu punya seseorang yang baru. Perlu waktu untuk benar-benar pulih dan kembali ke dunia lagi.. just take your time :)Paling nggak kamu punya seseorang yang siap sedia membuatmu merasa lebih baik.
Punya atau tidak punya teman dekat, dibawah ini ada tips-tips yang dapat membantu kamu melewati masa-masa sulit ini.


* Let go!!.
sadari bahwa hubungan kamu benar-benar sudah berakhir. Kamu tidak mungkin bisa melanjutkan hidupmu sampai kamu benar-benar menyerah untuk bersamanya. Buang jauh-jauh harapan bahwa kamu akan balik lagi sama dia.
* Baikan sama diri sendiri. 
Maafkan dirimu sendiri akan segala kesalahan yang mungkin kamu lakukan selama berhubungan dengan mantan kamu. Berhenti berfikir "andai saja saya dulu... begini dan begitu". Hentikan!!

* Sibukkan diri. 
Terus isi pikiran dan waktumu dengan hal-hal yang produktif dan menyenangkan. Kalau pikiranmu tidak bisa lepas dari mantanmu, buat badanmu sibuk. Usahakan untuk tidak sendirian. Carilah kebiasaan baru. Coba untuk menghindari kebiasaan yang kamu dan mantanmu selalu lakukan. Kamu bebas sekarang, kamu bisa menjadi apapun yang kamu mau.
“Aku mau ngomong penting sama kamu...”
Ketika mendengar kalimat itu dari sang kekasih, rasanya jantung serasa berhenti sepersekian detik. Sebenarnya Anda sudah tahu ketika hubungan Anda dengannya sudah mendekati hari-hari terakhir... dan kalimat tersebut adalah awal dari sebuah pengalaman yang menyakitkan dan menyedihkan dalam hidup Anda.
Anda putus hubungan dengan sang kekasih... dan di sini sekarang Anda berada.
Putus cinta adalah salah satu situasi yang paling mengerikan, menyedihkan dan paling tidak enak yang dapat dirasakan oleh seseorang. Kalau dalam bahasa Inggrisnya patah hati disebut broken heart, itu karena memang menggambarkan keadaan emosi dan perasaan seseorang yang tengah mengalami keadaan ini. Hancur berantakan. Bagaikan sebuah gelas beling yang terbanting ke lantai, berkeping-keping, berserakan ke mana-mana.
Sedih, kangen, sayang, marah, bingung, kaget, penyesalan dan sejuta perasaan lainnya bercampur aduk jadi satu dalam ramuan yang membuat Anda sakit dan ingin berlari sejauh-jauhnya. Dan memang itu yang banyak dilakukan orang dalam keadaan ini: melarikan diri.
Jiwa Anda seperti menggeliat, meregang dalam rasa sakit putus cinta yang tidak kunjung mereda. Orang-orang di sekitar Anda berkata, "Sudahlah, luka putus cinta seperti ini pasti sembuh sendiri seiring waktu." Namun itu terasa seperti nasihat omong kosong karena Anda sama sekali tidak merasa seperti itu. Setiap hari yang berlalu dari momen tragis itu, Anda merasa semakin pedih, kegundahan yang sulit dinyatakan dengan kata-kata. Sepertinya tidak ada seorang pun yang bisa memahami rasa pilu di hati Anda.

Sobat, Anda tidak sendirian..

Anda kerap terbayang akan kisah-kisah indah yang pernah dilalui bersamanya dahulu, jauh sebelum putus cinta. Anda tidak bisa berhenti memikirkan seluruh janji cinta manis yang disampaikan olehnya. Seluruh tulisan surat cinta, SMS cinta, puisi cinta, candaan cinta lewat telepon, serta pertemuan-pertemuan yang hangat dan nyaman.

Semua terasa begitu sempurna. Anda bisa yakin itu bukan perasaan kasmaran Anda saja karena ada banyak orang yang begitu mendukung, mengkonfirmasi, bahkan iri akan keindahan hubungan cinta Anda dengannya. Dan ketikasemuanya berakhir, semuanya terasa... runtuh, hancur berantakan.

Anda sudah mencoba untuk kuat melewati masa putus cinta ini. Anda berkali-kali berteriak pada diri sendiri untuk bangun dan bertahan. Apa daya, cinta Anda terputus bersamaan dengan asa untuk melanjutkan hidup Anda. Rasa sakit datang bertubi-tubi, membuat Anda jiwa Anda lelah dan terlalu hampa untuk hal-hal lainnya. Anda jatuh terluka. Hati Anda. Jiwa Anda. Mental Anda. Fisik Anda. Seluruhnya.

Sobat, Anda tidak sendirian..

Saya bisa menulis itu semua karena saya pernah berada di posisi Anda. Apa yang Anda rasakan hari ini bukan sebuah fenomena yang unik milik Anda dan saya saja. Menurut statistik, setiap harinya diperkirakan ada satu kisah putus cinta untuk setiap dua puluh pasangan di dunia ini.

Anda perlu mengetahui bahwa apapun yang Anda rasakan sekarang adalah ALAMIAHWAJAR dan NORMAL. Anda tidak perlu merasa bersalah jika ingin mengurung diri sepanjang hari, menangis sepanjang minggu, berteriak-teriak menyalahkan keadaan sepanjang bulan, atau bahkan sesekali terpikir untuk menyakiti diri demi mengalihkan perhatian dari lirih luka di hati Anda.

Anda BERHAK untuk merasa kecewa, hancur dan tersakiti!
Saya tahu persis rasanya. Saya sangat mengerti bahwa Anda sudah cukup menderita dengan penolakan dan putus cinta, jadi rasanya saya tidak perlu lagi memperparah keadaan dengan memarahi Anda atau bahkan melarang Anda melakukan hal-hal bodoh, konyol, dan tidak berguna seperti itu.

Silakan Anda curahkan semua emosi, penyesalan dan kekecewaan Anda. Saya akan menunggu di sini. Saya tidak akan ke mana-mana… Karena setelah Anda lelah melakukan itu semua, saya ingin mengulurkan tangan dan mengajak Anda untuk kembali berdiri.

Untuk itu saya ada di sini. Untuk membantu Anda menata kembali diri Anda yang sedang hancur.

Langkah demi langkah.. Perlahan namun pasti..

Tidak pernah ada pil obat ajaib untuk mengatasi putus cinta secara instan. Satu-satunya yang bisa Anda lakukan saat ini adalah apa yang saya sebut damage control, yakni mengendalikan kondisi agar tidak lebih rusak dan menyakitkan daripada seharusnya. Baru setelah itu Anda dapat menjalani proses penyembuhan Anda.
Putus cinta memang menyakitkan. 
Tapi mengalami putus cinta berarti Anda sudah pernah menjalin cinta. Berarti Anda sudah pernah menemukan, merasakan dan mendapatkan cinta. Karena itu, hal pertama yang saya ingin Anda lakukan adalah: bersyukur bahwa Anda telah mengalami ini semua. Ini adalah sebuah pengalaman berharga yang akan membuat Anda bertambah kuat dan dewasa.
Ketika Anda mengalami patah hati dan putus cinta, ada dua pilihan yang dapat Anda lakukan. Pertama, Anda dapat terus terpuruk dan hanyut dalam lautan penyesalan dan kesedihan, membuat aspek-aspek lain dalam hidup Anda ikut terseret dalam arusnya. Menjadikan Anda pria yang lebih rendah kualitasnya daripada sebelumnya.
Atau Anda dapat mengambil pilihan kedua, Anda dapat belajar dari kesalahan Anda dan menjadikan momen ini sebagai kesempatan emas bagi Anda untuk melesat lebih tinggi menjadi pria yang jauh lebih berkualitas dari sebelumnya. Seperti kata pepatah: Apa yang tidak membunuh Anda akan membuat Anda semakin kuat.
Pilihan kedua jelas lebih menarik, bukan?
Saya hanya ingin Anda melakukan dan melaluinya dengan tips dan trik yang sehat tanpa merugikan diri.
Sadari bahwa putus cinta adalah bagian dari kehidupan. Cepat atau lambat Anda akan merasakannya, bahkan Anda dijamin mengalami beberapa kali lagi di masa depan dan di sepanjang hidup Anda nanti. Untuk bisa menyembuhkan diri dari rasa sakit dan trauma yang mengerikan ini, sebelumnya Anda perlu benar-benar menyadari sepenuhnya apa yang sedang Anda alami sekarang.
Saya sering menyebutnya dengan kalimat, "To know yourself is to heal yourself." Jadi berikut ini, saya akan menampilkan beberapa fakta penting tentang keadaan putus cinta ini.

untuk meringankannya anda bisa melihatnya disni : Cara mudah untuk sembuh


Read more

2 komentar :