Rahasia Pengetahuan (tahukah anda)

Bagaimana pelangi terbentuk?

Pelangi terbentuk karena pembiasan sinar matahari oleh tetesan air yang ada di atmosfir. Ketika sinar matahari melalui tetesan air, cahaya tersebut dibengkokkan sedemikian rupa sehingga membuat warna-warna yang ada pada cahaya tersebut terpisah. Tiap warna dibelokkan pada sudut yang berbeda, dan warna merah adalah warna yang paling terakhir dibengkokkan, sedangkan ungu adalah yang paling pertama. Fenomena ini yang kita lihat sebagai pelangi.


Mengapa pesawat terbang yang jauh diatas terlihat lambat bergerak

Ketika kita melihat sesuatu yang bergerak, yang patut kita sadari adalah perubahan sudut pandang dari mata kita terhadap obyek yang bergerak tersebut. Obyek yang berada dekat sekali dengan kita, walaupun bergerak tidak terlalu cepat, akan membuat kita memutarkan kepala hanya untuk melihat kemana obyek itu sekarang berada.

Ketika kamu melihat sesuatu obyek yang bergerak di kejauhan, perubahan sudut pandang yang terjadi tidak sebesar apabila obyek itu ada di dekat kita sehingga kita merasa bahwa obyek tersebut bergerak lambat, seperti pada pesawat yang sedang terbang jauh di atas kita.

Contoh lainnya adalah bulan. Bulan bergerak mengelilingi bumi dengan kecepatan rata-rata 1.022 Km/jam, tetapi karena jarak antara kita dengan bulan yang jauh, bulan kelihatan tidak bergerak sama sekali, karena kita hampir tidak merasakan perubahan sudut pandang.


Gelas termasuk benda padat, tetapi mengapa gelas terlihat bening?

Molekul dari benda padat biasanya saling mengikat dengan rapat, karena itu umumnya sinar tidak dapat menembus benda padat. Pada cairan dan gas, molekul-molekul bergerak bebas dan memiliki banyak ruang kosong diantara molekulnya. Itulah sebabnya sinar dengan mudah menembus material seperti gas dan air. Gelas dibuat dengan cara melebur pasir dan mendinginkannya kembali. Bahan yang terbentuk akhirnya menjadi padat dan kaku, tetapi masih memiliki molekul yang bebas bergerak seperti sifat molekul pada cairan, sehingga ruang kosong diantara molekul gelas tersebut bisa dilewati oleh cahaya, walaupun gelas adalah benda padat.

Serangan Jantung ternyata paling banyak pada pagi hari,yaitu pada pada saat tekanan darah meningkat dan paling banyak terjadi pada hari SENIN PAGI karena STRESS harus kerja setelah berakhir pekan..!

Mulut kita ternyata dalam satu hari dapat menghasilkan air liur sebanyak satu (1) liter.
Percaya nggak...?!

Kopi ,teh , minuman soda ternyata dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak kandungan kalsium di bandingkan dengan orang - orang yang jarang minum kopi ,teh atau minuman soda

Ternyata dari hasil penelitian bahwa makan terlalu banyak Protein dan garam dapat mengakibatkan penipisan kalsium pada tulang

Merokok dapat mengurangi massa tulang,terganggunya system hormonal terutama Estrogen pada Wanita sehingga menyebabkan Menopause dini

Ternyata Pada pagi hari terjadi peningkatan kadar testosteron baik pada pria dan wanita dan peningkatan hormaon Estrogen dan Progesteron pada Wanita, sehingga itulah sebabnya mengapa terjadi serangan Fajar



Tahukah kamu bahwa sel-sel tubuh manusia menyelesaikan regenerasinya yang baru setiap 72 jam

Tahukah kamu bahwa Islandia itu berwarna hijau dan Greenland tertutup dengan es

Tahukah kamu bahwa Lempeng bumi bergerak 0,007 Cm setiap harinya

Tahukan Kamu bahwa Pada sebuah pertandingan antara Liverpool dan Chester City dithn 68 yang berakhir dengan skor 2-2, ke 4 Gol itu diciptakan oleh orang yang sama

Tahukah kamu bahwa Pertandingan dengan penalti terburuk adalah antara Steau bucharest dan barcelona pada Piala champion thn 85/86. dari 10 tendangan, 8 berhasil ditahan kiper dan 2berhasil pada putaran ke 3 penalti (Artinya 20 penalti sebelumnya tidak ada satupun yang masuk kegawang)



Tahukah Kamu ?
Air terjun Niagara pernah berhanti mengalir!
Pagi hari pada tanggal 29 Maret 1948 merupakan hari istimewa. Para turis yang mengunjungi air terjun Niagara di perbatasan Amerika-Kanada terheran-heran saat air terjun itu berhenti mengalir. Mereka menyaksikan air terjun itu mengering, cuma menyisakan bebatuan dengan beberapa genangan air di dasar aliran sungai. Apa yang membuat Niagara mengering? Angin kencang dan bongkahan besar es rupanya telah memblokir aliran Danau Erie yang menjadi sumber air terjun Niagara, sehingga air terjun tersebut menjadi "lenyap". Kira-kira tiga puluh jam setelah Niagara berhenti mengalir, bongkahan es tadi pecah, dan selanjutnya aliran kencang air kembali mengalir, dan air terjun Niagara kembali menggemuruh, hingga saat ini.


Tahukah Kamu ? suara paling keras
Menurut para ilmuwan, hewan yang memiliki suara paling keras adalah ikan paus biru (Balaenoptera Musculus), yang juga menyandang gelar sebagai hewan terbesar di bumi. Suara ikan paus biru lebih keras daripada suara motor Harley Davidson. Bahkan lebih keras daripada suara konser rock yang paling keras, dan juga lebih keras dari ledakan bom. Seberapa keraskah suara ikan paus biru tersebut?
Suara ikan tersebut adalah 188 desibel..! Angka ini sama dengan 1juta kali suara mesin jet (yang mencapai tingkat kekerasan suara 120-130desibel). Perlu diingat bahwa tingkat kekerasan suara bertambah secara logaritmis. Ini berarti setiap kenaikan 10desibel berarti peningkatan intensitas suara hingga 10 kali. Ini adalah salah satu alasan bagi kita semua untuk bersyukur bahwa ikan paus biru tersebut tinggalnya di dalam laut.
teen's Avatar Read more

0 komentar :