galaksi tertua di alam semesta.

Hubble Temukan Galaksi Baru



Teleskop ruang angkasa Hubble mendeteksi keberadaan sebuah galaksi tertua di alam semesta. Para peneliti menyatakan teleskop terbaru ini menangkap beberapa ribu galaksi.

Teleskop Hubble menangkap gambar sebuah galaksi yang belum pernah dikenal pada pertengahan tahun. Ilmuan memperkirakan galaksi tersebut terbentuk 600 juta tahun setelah ledakan besar (Big Bang). Ilmuan percaya ledakan besar itulah yang kemudian meciptakan alam semesta.

Galaksi baru berjarak sekitar 13 miliar tahun, dengan satu miliar, dengan ukuran satu miliar tahun sekitar 6 triliun mil. Sebenarnya, teleskop Hubble telah mengambil gambar di lokasi yang sama tempat galaksi berada pada 2004 lalu. Tetapi setelah kamera teleskop Hubble dilengkapi jaringan infra merah, barulah teleskop ini mampu mengidentifikasi galaksi dengan jarak yang lebih jauh.

Kamera terbaru dibuat pada Mei oleh astronot Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) sebagai misi memperbaiki dan meningkatkan kemampuan teleskop. Teleskop Hubble merupakan gabungan kerjasama antara NASA dan Badan Ruang Angkasa Eropa. (AP) Read more

0 komentar :