7 tips Meningkatakan Kinerja Otak

Photobucket


1.Tingkatkan asupan air
Otak kita tersusun atas 80 % air. Dehidrasi ringan saja dapat meningkatkan produksi hormone stress yang dapat merusak otak kita.






2.Batasi asupan kalori
Penelitian pada hewan dan manusia mengindikasikan bahwa diet dengan kalori terbatas baik bagi otak dan memperpanjang usia. Makan dalam jumlah lebih sedikit dapat memicu mekanisme tertentu di dalam tubuh untuk meningkatkan produksi nerve growth factors, yang bermanfaat bagi otak.


3.Konsumsilah ikan, minyak ikan, dan DHA – salah satu bentuk Asam lemak Omega -3.
Penelitian dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa diet yang kaya Asam Lemak Omega 3 membantu meningkatkan keseimbangan emosional dan mood yang sehat.
Mungkin karena DHA merupakan komponen utama dari deretan dendrite otak.


4. Konsumsi makanan sumber antioksidan ( vitamin C dan E )
Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa asupan antioksidan dari buah dan sayur secara significant mengurangi penurunan kemampuan kognitif.


5.Konsumsi protein, lemak baik, dan karbohidrat dalam porsi yang berimbang.
Karenanya pada setiap makanan atau kue cobalah untuk mendapatkan protein, karbohidrat dan lemak dalam keadaan seimbang.


6.Masukkan 24 bahan pangan sehat dalam diet harian.
Bahan tersebut meliputi : sumber protein ( ikan : salmon, tuna, mackerel, unggas : kalkun tanpa kulit, daging merah,sapi, telur, tahu dan produk olahan kedelai, susu dan produk olahannya, biji-bijian, kacang-kacangan, karbohidrat kompleks, bery-beryan : blueberry, raspberry, strawberry, blackberry, jeruk, buah ersik, labu, brokoli, gandum, lada merah, bayam, tomat, ubi jalar, lemak : avokat, minyak zaitun dan buahnya, serta cairan : air, the hijau atau hitam.


7.Konsumsi camilan rendah kalori.


Sedangkan agar untuk mencegah kepikunan dini pada anda,latihlah agar otak selalu aktif dengan beberapa cara :


1.Gunakan semua indera
Pengaktifan semua indera adalah rangsangan yang baik untuk otak. Misal saat berkenalan tidak hanya menghafal nama orang saja. Rangsang otak anda untuk mengingat bentuk wajah, potongan tubuh dan juga bau parfumnya.


2.Cobalah sesuatu hal di luar kegiatan rutin
Misal mandi dengan mata tertutup. Logika dan indera anda akan merasakan sesuatu yang lain. Kemudian gosoklah gigi di luar kebiasaan anda. Kalau biasanya tangan kanan, cobalah tangan kiri. Belahan otak yang biasanya aktif terhenti. Sebaliknya belahan otak yang biasanya belum aktif menjadi aktif mengontrol semua gerak.
Read more

0 komentar :